Sebelum membahas mitos perangkat lunak, alangkah baiknya jika kita mengetahui isu-isu yang perlu diperhatikan dalam pengembangan perangkat lunak. Isu-isu yang perlu diperhatikan seputar perangkat lunak adalah:
- Biaya Pengembangan
Setiap rupiah yang dikeluarkan untuk mengembangkan perangkat lunak harus jelas manfaat langsung dan tidak langsung dari perangkat lunak yang dihasilkan.
- Produktivitas Pengembangan
Perangkat lunak harus dihasilkan dalam waktu yang pendek, karena pengguna memerlukan solusi yang cepat. Sangat sukar bagi pemakai dalam menentukan spesifikasi perangkat lunak aplikasi yang diperlukan.
- Kualitas Perangkat Lunak
Menentukan kehandalan sistem komputer, mempengaruhi unjuk kerja sistem, menentukan apakah perangkat lunak mudah untuk dipelihara dan dikembangkan.
- Pemeliharaan Perangkat Lunak
Fine Tuning, memperbaiki karena ada kesalahan (bugs) pada perangkat lunak, menyesuaikan dengan perubahan perangkat keras dan system software, penyesuaian terhadap perkembangan dunia usaha dan organisasi.
Mitos Perangkat Lunak
Berkaitan dengan manajemen
- Mitos: Kita sudah punya buku panduan tentang bakuan dan prosedur untuk membangun perangkat lunak. Mestinya itu khan memenuhi kebutuhan staf saya akan semua informasi yang ingin mereka ketahui?
- Realita: Boleh saja ada buku panduan, tapi apakah digunakan? Apakah para pengembang mempedulikan keberadaannya? Apakah lengkap?
- Mitos: Staf saya punya alat bantu pengembangan yang canggih. Bahkan dibelikan komputer generasi terbaru.
- Realita: Perlu lebih dari sekedar komputer terbaru untuk mengembangkan perangkat lunak berkualitas. CASE tools lebih penting daripada perangkat keras untuk mengejar kualitas dan produktivitas.
- Mitos: Jika kita terlambat, kita dapat menambah orang lebih banyak dan mengejar keterlambatannya .
- Realita: Membuat perangkat lunak bukan proses mekanis seperti industri manufaktur. Jika kita menambah orang pada proyek yang terlambat, itu justru akan lebih terlambat.
Berkaitan dengan klien
- Mitos: Sebuah kalimat umum yang menyatakan objektif sudah cukup untuk memulai sebuah program. Kita bisa perinci lagi nanti.
- Realita: Definisi yang tidak bagus di depan akan menimbulkan kegagalan dalam pengembangan perangkat lunak. Adalah perlu deskripsi yang rinci mengenai ruang lingkup informasi, fungsi-fungsi, sistem interaksi, batasan-batasan, kriteria validasi.
- Mitos: Kebutuhan proyek akan terus berubah, tapi perubahan ini akan dapat ditanggapi dengan mudah karena perangkat lunak itu fleksibel.
- Realita: Memang betul kebutuhan perangkat lunak akan berubah, namun dampaknya tergantung dari waktu pemunculannya. Jika muncul pada tahap definisi, pengaruhnya tidak banyak. Lebih ke belakang, dampaknya akan makin besar.
Berkaitan dengan pengembang
- Mitos: Begitu kita selesai menulis program dan ‘jalan’, pekerjaan kita selesai sudah.
- Realita: the sooner you begin writing code, the longer it’ll take you to get done.
- Mitos: Sebelum program saya ‘jalan’. Saya tidak bisa mengkaji kualitasnya.
- Realita: Software review adalah merupakan cara efektif untuk mencari software defect daripada tahap pengujian.
- Mitos: Produk yang perlu diberikan untuk proyek yang sukses adalah programnya saja.
- Realita: Program hanyalah salah satu komponen dari perangkat lunak. Dokumentasi penting sebagai dasar pengembangan yang sukses serta sebagai petunjuk untuk pemeliharaan perangkat lunak.
dikutip dr berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar